Skip to main content

Serba-Serbi Jelang Title Baru Episode 2

Selamat sore 👋👋👋
Sehari dua kali ya kita ketemu hari ini.. Meski kadang lamaaa sekali taku jumpa sampai berdebu.. Hari ini edisi ketemuan dua kali sehari. Bersambung dari ceritaku pagi tadi, kali ini aku akan cerita kegiatan pasca sidang. Apa aja yang harus disiapin buat dapet Surat Keterangan Lulus "SKL". Biar sah gitu S.E nya.. Hihihi
Anyway jangan bosen bosen yah keponya.. Buat yang pertama kali singgah di blog aku, happy blogwalking.. Semoga nda nyesel 😂😂😂
Let me share yaaa..

Abis Sidang Mau Ngapain Yaaa??
Buanyaaak hal yang harus kamu kerjain abis kamu sidang. Ga boleh puas hati dulu kalo udah ngelewatin ujian sidang dan komprehensif. Kamu masih haruuusss.....

1. Revisi skripsi
2. Nulis jawaban kompre yang ga bisa (serahin ke penguji sama pembimbing)
3. Minta form QC di pak hadi ada dua form
4. Bimbingan sama dosen penguji
5. Minta ttd dosen penguji
6. Bimbingan sama dosbing
7. Minta ttd dosbing
8. QC dengan salah satu Komdik, dosen ditunjuk oleh departemen (Bu linda, bu hardiana atau bu andita)
9. Persiapkan jurnal sebagai syarat keluar SKL. (Jurnal bisa di submit di mana aja, Jurnal Manajemen IKM, MB IPB dll) (syarat penulisan jurnal tergantung jurnal yang dituju)
10. Sambil nunggu QC dan Jurnal di review, refreshing lah :))

Yeee.. Udah gitu aja kaaan? No no no, Big NO.. Masih panjang perjalananmu. Teruslah bersemangat. Smangat!!
Selanjutnyaaa, aku mau berbagi tips sedikit dan info "All About Journal".. Aku akan pake contoh Jurnal MB-IPB karena kemarin aku submit disitu. Sedikit cerita aku submit jurnal udah ke-3 jurnal dengan judul yang berbeda buat syarat kelulusan, ke jurnal agrohot faperta, JAM Unibraw, dan MB, yang terahir alhamdulillah cepet di responnya.

Berikut #hanaquicktips ☺☺☺
1. Sebelum sidang marilah berkepo tentang jurnal-jurnal di Indonesia, minimal akreditasi B untuk standar Jurnal diterima.
2. Pilih satu yang menurut kalian up to date, dan frekuensi terbitnya banyak. Misal: MB IPB terbit tiap Maret, Juli, November (kalo ga salah ya) (aku lupa-lupa inget)
3. Buatlah jurnal sebelum sidang! Dengan format jurnal yang akan dituju. (Dalam satu skripsi bisa kalian bikin 1-2 jurnal, kalo pembahasannya banyak)
Misal format MB-IPB:
- Artikel 10 halaman, TNR 11 pt, spasi 1, 4333, Daftar Pustaka 10 tahun terahir, referensi harus 80% jurnal, minimal 1 jurnal MB
4. Pas udah selesai sidang. Gunakan revisi sidang untuk ngerevisi jurnal juga.
5. Setelah itu submit deh ke jurnal yang kalian tuju. Kalo MB IPB bisa dikirim ke Jma@mb.ipb.ac.id
6. Setelah itu kalian bakal dapet balesan email berupa koreksian, apakah jurnal kalian udah sesuai format atau belum. Koreksian bisa 2-3 kali.
7. Kalau udah dikoreksi bakalan masuk tahap review. Nah kalo udah masuk tahap ini kalian baru boleh minta ttd sebagai bukti tanda terima jurnal. Kalo komisi jurnal deket, kamu bisa minta ttd di form distribusi, kalau jauh, minta aja scan bukti penerimaan yang udah ada cap dan ttd. (Misal ke Unibraw atau ke univ lain)
8. Finish.. ga ribet ko, cuma butuh sedikit kesabaran dan ketekunan. Sabar buat nunggu di respon, tekun buat kepo, revisi, dan follow up komisi jurnalnya. Biar cepet di review.
9. 5W+1 H dari alur jurnal aku..
- What? JMA.IPB.AC.ID
- When? Aku butuh waktu lima hari untuk proses koreksi sampe review. Gw follow up terus mas-mas admin jurnal MB.
- Where? Buat minta ttd di form distibusi langsung dateng ke MB bilang ke resepsionis. Tapi janjian dulu sama mas-masnya.
- Who? Yang bantuin aku namanya mas Sulistyo dia admin jurnal MB.
- Why? Awalnya aku juga gatau bakal cepet responsnya, aku milih jurnal MB karena frekuensi terbitnya banyak. Dan pengen variatif aja.
- How? Kepo- Submit- Follow Up- Follow Up- Follow Up- Koreksi- Review

Frequently Q & A:
1. Bayar ga? GRATIS TIS TIS TIS
2. Lama ga? Tergantung. (Kalo disana lagi sibuk ya lumayan, kalo lagi butuh jurnal buat diterbitin ya cepet) kuncinya follow up terus.
3. Kalo ga direspon2 gimana? Bisa dimasukin ke publikasi lain ga? Bisa, asal kamu kirim email pembatalan publikasi. Tetep ya, Satu Jurnal, Satu Publikasi.

NOTE: PENTING!
Satu jurnal harus satu publikasi ya, jangan dimasukin ke banyak jurnal, yang cepet yang kamu lanjutin. JANGAN. Nanti kamu bisa dituntut ke orisionalitasnya. Kalo mau masukin ke banyak harus beda judul kaya aku ya, dan beda isi.

Thank you for reading. More further info feel free to contanct me..

~Sekian~
Next post: Menuju TOGA!!! Wait and see yaaa.. See ya ☺

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Persalinan di RS Ananda Purwokerto

Assalamualaikum calon bunda sholihah.. Masih edisi persalinan, kesempatan kali ini bundanya Kaizan mau nulis review pengalaman persalinan di RS Ananda Purwokerto.
Sedikit ulasan dari saya untuk calon bunda sholihah di daerah Purbalingga, Purwokerto dan sekitarnya. Pertama, dimulai dari alasan pemilihan.. Kira-kira hal apa saja yang saya perhatikan saat memilih tempat untuk bersalin? Jawabannya adalah Kenyamanan. Kata nyaman disini mencakup beberapa faktor yang mempengaruhi mulai dari dokter, tenaga kesehatan, fasilitas.
Saya sendiri menempatkan prioritas pertama kenyamanan pada dokter. Sebelum saya memutuskan untuk berpindah rumah sakit, saya ditangani obsygn laki-laki di rs sebelumnya, dan saya merasa kurang nyaman. Akhirnya saya memutuskan pindah ke RS. Ananda Purwokerto saat usia kandungan saya 33weeks. Saya memilih obsygn Dr. Setya Dian Kartika, Spog atas rekomendasi kakak sepupu dan adik ipar saya. Sampai melahirkan kemarin, rasanya lega dan nyaman sekali konsultasi dengan Dr. Ik…

Assalamualaikum Kaizan ❤

Assalamualaikum Kaizan Anak Bunda ☺
- Ruang Bersalin RS Ananda Purwokerto, 02.53 Jum'at, 28 Oktober 2016 -
Penantian selama 38 minggu 3 hari atau 9 bulan 17 hari berahir sudah, selamat datang di dunia anak bunda & ayah, Kaizan Aghna Al Arkhan.
Tulisan kali ini khusus bunda persembahkan untuk putraku Kaizan, mungkin suatu hari nanti Kaizan ingin tau bagaimana proses Kaizan lahir di dunia ini. Umumnya untuk calon-calon bunda muda semoga dapat bermanfaat.
Tanda-tanda cinta menyapa ayah dan bundanya muncul Kamis dini hari, keluar setetes darah. Menurut orang jawa jaman dahulu proses kelahiran Kaizan disebut "Ngangkat Kidang" yang mana menurut orang jaman dulu prosesnya akan memakan waktu yang relatif lama sampai berhari hari dan merasakan sakit yang hmmm "gurih" katanya. Tapi alhamdulillah semua itu hanya berdasarkan subyektivitas pengalaman pribadi beberapa orang jaman dulu saja. Alhamdulillah proses lahiran yang saya alami memakan waktu mulai 21.30-02.53 d…

Menuju TOGA!!!

Sowreee Blogger 🕓
Sambil nonton Drama Korea The Heirs di RCTI, aku sambil cerita yaaa.. Mumpung lagi iklan nih..
Cerita kali ini masih tentang perjuangan menuju Toga.. 🎓🎓🎓
Postingan aku sebelumnya udah ngebahas tentang abis sidang mau ngapain.. Kali ini asumsi nya adalah QC udah selesai dan Jurnal sudah tersubmit.. Selanjutnyaaa...
Menuju TOGA!!!

Saran aku adalah: Lengkapi semua berkas dulu biar ga bolak balik dan bisa seharian beres. Oia, aku tambahin rincian dana ya. Harus banget nyisihin uang buat keperluan ini sampe printilannya.

Overall yang harus disiapin buat SKL dan WISUDA
- Form distribusi (departemen)
- Skripsi 5 rangkap, lembar pengesahan 8 rangkap (5 lembar buat dijilid, 3 lembar buat persyaratan)
- CD
a. CD buat Dosbing (Skripsi word, pdf, olah data, jurnal)
b. CD buat Perpus FEM (Skripsi, Abstrak, Jurnal (Word dan PDF ya formatnya))
c. CD buat LSI (Skripsi PDF, Skripsi word dipisah-pisah (Cover, Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 4, Bab 5, Lampiran, Abstrak))
d. CD buat Pak Ha…