Kuliah Kerja Profesi

Ini episode janji gw buat bikin alur cerita mundur dari perjalanan KKP [Kuliah Kerja Profesi]. Karna diawal gw udah cerita tentang Sidang KKP yang cukup melegakan. Kali ini adalah prosesnya.. Let me show you!!!

Kuliah Kerja Profesi ala Departemen Manajemen IPB
Kali pertama departemen gw ikut berpartisipasi dalam program kkp ya tahun ini. Tahun dimana angkatan gw masuk bulan-bulan menuju tingkat akhir. Tepatnya kenaikan kelas dari semester 6 ke semester 7. Well, gw ceritain dulu kronologisnya. Pake metode 5W+1 H
Pertama: What is KKP? Institut Pertanian Bogor kampus tercinta gw selalu menyelenggarakan Kuliah Kerja Profesi setiap tahun untuk Fakultas atau Departemen (Jurusan) tertentu di IPB. Tahun ke tahun Fakultas yang selalu ikut berpartisipasi adalah Pertanian, Ekologi Manusia, MIPA dan lain lain. Untuk beberapa departemen (jurusan) punya istilah tersendiri, tapi intinya tetap sama untuk memenuhi tridarma perguruan tinggi nomor tiga yaitu pengabdian masyarakat. Contohnya departemen Agribisnis dengan nama KKPnya (Gladi Karya), BDP dengan nama KKPnya (Praktik Lapang). Dari tahun ke tahun Departemen Manajemen belum berpartisipasi dalam kegiatan per-KKPan ini.
KeduaWho? Menanggapi kalimat terakhir di pernyataan gw yang pertama, Depatemen Manajemen gw tercinta dari tahun ke tahun merekomendasikan mahasiswanya untuk magang di perusahaan-perusahaan tertentu. Namun, tahun ini dan kemungkinan pada tahun-tahun berikutnya akan berbeda. Tahun ini dep man (kepanjangan nulis departemen manajemen) ikut berpartisipasi dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, bedanya adalah jika departemen lain mengabdi kepada masayarkat desa, dep man mengirim mahasiswanya untuk mengabdi kepada usaha mikro kecil dan menengah. Ceritanya kami 120 mahasiswa Manajemen Institut Pertanian Bogor Angkatan 48 (2011) jadi Dokternya UKM (Diangnosa penyakit, Ngasih Resep, Dibayar) Kami dibagi dalam 26 UKM kelompok kecil, jadi kurang lebihnya satu kelompok berisi 3-4 jenis mahasiswa.
KetigaWhen? Kegiatan per-KKPan Departemen Manajemen IPB resmi dimulai tahun 2014. Tepatnya tanggal 30 Juni 2014 (H+2 puasa ramadhan). Sesuai ketentuan yang tertulis, lamanya kuliah kerja profesi ini adalah 35 hari. Tapi pada kenyataannya hampir +- dua bulan kami KKP (karena kepotong libur lebaran).
Keempat: Where? Lokasi yang dipilih untuk kegiatan KKP Departemen Manajemen adalah Kabupaten Garut, Jawa Barat. Khususnya di Kota Garut, Tarogong. Otista, Leles, Bayongbong, Samarang, Karangpawitan dll. Tepatnya di 26 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Garut.
Kelima: Why? Gw pribadi sedikit bingung jawab W yang terahir ini. Kenapa Departemen gw akhirnya ikut berpatisipasi dalam kegiatan KKP? Jawaban polos gw agar kekinian. Kenapa Departemen gw milih UKM sebagai objek per-KKPan? Jawaban versi gw UKM kekinian mendapat support besar dari pemerintah baik daerah maupun nasional. Sewajarnya kami ikut andil berkontribusi sebagai civitas akademik bidang manajemen mengimplementasikan ilmu manajemen yang kami pelajari di kampus sebagai bentuk dukungan kami kepada program pemerintah untuk kemajuan UKM yang lebih baik. Tentunya mendorong kemandirian ekonomi masyarakat melalui UKM tersebut.
Keenam: How? Mmmmm... Gimana yaaa? Gw dua kali lipat lebih bingung jawab bagian ini. Karena gimana kita di lapang adalah tergantung gimana ukm yang kita dampingi. Versi kelompok gw (Puteri, Herli, Hana, Egi), kami melalukan beberapa program pendampingan untuk UKM kami yaitu UKM "PHIO" SnaB. (Edisi lengkap di episode berikutnya).
Perbekalan kkp dari Ibu & Mama :))

Ini upload tiga bulan yang lalu di akun IG gw @hanamaryamm

UKM "PHIO" SnaB

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Persalinan di RS Ananda Purwokerto

Family Trip to Lombok "Pengalaman Trip Bersama Toddler"

Review Hotel Sendok Senggigi Lombok