Skip to main content

Hana Novita Maryam, S.KKP

Diliat dari judul gw, gw keliatan ngebet banget pengen lulus kah?? doakan saja ya semoga awal tahun 2015 hana udah nyandang gelar baru S.E dibelakang nama. Amiin. Lha terus yang dijudul gelar apa dong? Gelar bahwa gw telah menunaikan tugas semi akhir yaitu KKP [Kuliah Kerja Profesi] Institut Pertanian Bogor 2014 atau KKN [Kuliah Kerja Nyata] bagi Universitas lain. Tok tok tok. Ketok palu.
Sebelumnya gw berniat buat posting catatan harian "Diary" KKP gw day by day. Tapi karena situasi dan kondisi tak mendukung apa boleh buat, gw rangkum dalam beberapa episode ke depan. Ceritanya gw pake alur cerita mundur. so, kali ini gw mau cerita dulu kisah Sidang KKP gw, sebelum kisah KKP gw sendiri. Oh ya, lokasi KKP Departemen Manajemen IPB 2014 adalah GARUT.
Selasa, 2 September 2014
Hari ini adalah jadwal gw bimbingan kkp. Bersama tujuh temen lain satu dosen PL (Pembimbing Lapang), gw melakukan bimbingan dalam rangka 1. Revisi Laporan Akhir KKP 2. Revisi Paper 3.Rencana Sidang KKP. Kelompok gw dapet giliran pertama untuk revisi paper, judul gw dirombak dikit oleh dosen pl dengan tambahan saran dari beliau. Selanjutnya dua temen kelompok gw yang lain bandrek dan dodol. Oh ya, disini kelompok gw dipanggil PHIO. Setelah revisi kelar, kita basa-basi buat nanya kapan kita sidang kkp. Padahal belum ada pengumuman dari departemen kapan sidang boleh dimulai. Akhirnya, dosen gw yang baik hati meminta seminggu dari hari ini kita sidang. Tapi disini temen gw interupsi kalo dia ada pelatihan dari pemberi beasiswa pada hari itu. Alternatif kedua adalah dua minggu dari hari ini. Kami sambut dengan gembira keputusan beliau. Kami Insya Allah siap.
Jum'at, 12 September 2014 
Akhirnya hari ini diumumkan untuk pendaftaran sidang kkp. Kelompok PL gw dapet jatah kedua yaitu hari selasa jam 08.00. Hari senin kelompok pl temen deket gw fitrika yang membuka. Alhamdulillah (jadi bisa nanya-nanya dulu)
Senin, 15 September 2014
Hari ini gw dapet kabar dari temen gw fitrika (pipit) kalo sidang kkpnya diundur gegara suatu hal dari dosen pl. Saat itu juga gw jadi deg-degan, siap ga siap jadi pembuka sidang kkp Departemen Manajemen. Dalam hati gw harus segera prepare. Namun niat dalam hati gw ditangguhkan oleh acara futsal cewe yang diadain himpro gw Com@. Akhirya gw dan temen satu bimbingan PL yang kebetulan temen sekosan gw juga, memutuskan memulai persiapan pukul 21.00 setelah nonton dan dukung futsal cewe di Gymnasium. Gw rasa kalo sidang beneran ga bakal sesantai ini, tapi gw berharap bisa. Dengan asumsi cateris paribus. Siap Kompre, Siap Bahan, Siap Alat, Siap segalanya. Harapan adalah do'a tho? Amiin :) Sepulang gw ngedukung futsal cewe, gw mandi dan bergegas touch up-in ppt kelompok gw buat besok. Oia, hari ini gw bolak-balik depatemen mastiin ada ruangan buat sidang besok pagi jam 08.00
Selasa, 16 September 2014
Kali ini gw terbangun lebih cepet dari hari biasa. (02.00). Gw inget tidur cepet jam 12.00 karna gw udah janji dan sepakat ga akan begadang sampe pagi. Gw terbangun untuk apa? Untuk tidur lagi.. haha.. gw tidur lagi sampe akhirnya gw bener-bener bangun jam 03.15, dan aktivitas gw hari ini dimulai. Gw make sure semua beres dan siap ke tim PHIO, kelompok kkp gw. Hari ini bahan yang disidangkan adalah 1) Laporan Akhir 2) Paper 3) Buku Profil UKM 4) Video. Saat gw memutuskan ngeprint semuanya sendiri dikosan untuk menghemat biaya, eeeeee malah tintanya entong (is habis). Akhirnya gw minta tolong dadakan di grup kelompok gw. Hectic lah pagi kami. Alhamdulillah.
Ruang Sidang Departemen Manajemen IPB, 08.20
"Lain kali kalian harus lebih tepat waktu" Moderator mengingatkan. Padahal gw dan temen-temen yang lain udah datang dari jam tujuh tapi ya masih riweuh urus sana sini. Alhasil kita telat naik ke  ruag sidang di lantai tiga dep man (depertemen manajemen). This is show time.. Kelompok pembuka sidang kami adalah kelompok bandrek, dan brandek's genk sukses membuka dengan apik. Dilanjut kelompok dodol yang ga kalah kecenya. Ditutup kelompok "PHIO" dengan sedikit lemes karna multimedia yang ikutan riweuh. Gw akan meresume semua persiapan pra sidang-sidang kkp yang harus banget diperhatiin.

  1. Pastiin ruang sidang available jauh-jauh hari. Karena kalo misal ruangan ga bisa dipake, ya harus rela cancel dan jadi waiting list kelompok lain yang udah daftar duluan dan udah dapet ruang sidang. Kebetulan rejeki kelompok soleh-soleha, jadi H-1 Pak Hadi bilang "Ruangan Ready"
  2. Siapin semua data yang dibutuhin. Saran gw pas penutupan di lokasi KKP alias waktu lokakarya hasil, langsung copy semua data dari panitia, baik buku profil, video dan tetekbengeknya.
  3. Dateng In Time. Karena terlamabat kelompok gw dapet nilai kecil bagian kedisiplinan.
  4. Siapin kostum ala-ala manager
  5. Pastiin multimedia siap. Kelompok gw cuma dapet evaluasi dibagian multimedia, karena laptop gw yang lemot waktu nampilin slide presentasi.
  6. Siapin Mental untuk dapet wejangan dan evaluasi dari dosen pembimbing lapang dan moderator. Beberapa kelompok lain lemes waktu keluar ruangan karna banyaknya evaluasi kurang sana sini.
  7. Bersyukur pas udah beres.
Alhamdulillah selesai juga kegiatan-kegiatan yang berbau kkp, kkp, kkp, kkp. Gw dan kelompok bersyukur banget dapet dosen pembimbing yang baik hati dan mengarahkan dengan baik Bapak Dr. Eko Ruddy Cahyadi, S,Hut, MM :))
Berikut beberapa dokumentasi selama sidang kkp.







Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Persalinan di RS Ananda Purwokerto

Assalamualaikum calon bunda sholihah.. Masih edisi persalinan, kesempatan kali ini bundanya Kaizan mau nulis review pengalaman persalinan di RS Ananda Purwokerto.
Sedikit ulasan dari saya untuk calon bunda sholihah di daerah Purbalingga, Purwokerto dan sekitarnya. Pertama, dimulai dari alasan pemilihan.. Kira-kira hal apa saja yang saya perhatikan saat memilih tempat untuk bersalin? Jawabannya adalah Kenyamanan. Kata nyaman disini mencakup beberapa faktor yang mempengaruhi mulai dari dokter, tenaga kesehatan, fasilitas.
Saya sendiri menempatkan prioritas pertama kenyamanan pada dokter. Sebelum saya memutuskan untuk berpindah rumah sakit, saya ditangani obsygn laki-laki di rs sebelumnya, dan saya merasa kurang nyaman. Akhirnya saya memutuskan pindah ke RS. Ananda Purwokerto saat usia kandungan saya 33weeks. Saya memilih obsygn Dr. Setya Dian Kartika, Spog atas rekomendasi kakak sepupu dan adik ipar saya. Sampai melahirkan kemarin, rasanya lega dan nyaman sekali konsultasi dengan Dr. Ik…

Assalamualaikum Kaizan ❤

Assalamualaikum Kaizan Anak Bunda ☺
- Ruang Bersalin RS Ananda Purwokerto, 02.53 Jum'at, 28 Oktober 2016 -
Penantian selama 38 minggu 3 hari atau 9 bulan 17 hari berahir sudah, selamat datang di dunia anak bunda & ayah, Kaizan Aghna Al Arkhan.
Tulisan kali ini khusus bunda persembahkan untuk putraku Kaizan, mungkin suatu hari nanti Kaizan ingin tau bagaimana proses Kaizan lahir di dunia ini. Umumnya untuk calon-calon bunda muda semoga dapat bermanfaat.
Tanda-tanda cinta menyapa ayah dan bundanya muncul Kamis dini hari, keluar setetes darah. Menurut orang jawa jaman dahulu proses kelahiran Kaizan disebut "Ngangkat Kidang" yang mana menurut orang jaman dulu prosesnya akan memakan waktu yang relatif lama sampai berhari hari dan merasakan sakit yang hmmm "gurih" katanya. Tapi alhamdulillah semua itu hanya berdasarkan subyektivitas pengalaman pribadi beberapa orang jaman dulu saja. Alhamdulillah proses lahiran yang saya alami memakan waktu mulai 21.30-02.53 d…

Menuju TOGA!!!

Sowreee Blogger 🕓
Sambil nonton Drama Korea The Heirs di RCTI, aku sambil cerita yaaa.. Mumpung lagi iklan nih..
Cerita kali ini masih tentang perjuangan menuju Toga.. 🎓🎓🎓
Postingan aku sebelumnya udah ngebahas tentang abis sidang mau ngapain.. Kali ini asumsi nya adalah QC udah selesai dan Jurnal sudah tersubmit.. Selanjutnyaaa...
Menuju TOGA!!!

Saran aku adalah: Lengkapi semua berkas dulu biar ga bolak balik dan bisa seharian beres. Oia, aku tambahin rincian dana ya. Harus banget nyisihin uang buat keperluan ini sampe printilannya.

Overall yang harus disiapin buat SKL dan WISUDA
- Form distribusi (departemen)
- Skripsi 5 rangkap, lembar pengesahan 8 rangkap (5 lembar buat dijilid, 3 lembar buat persyaratan)
- CD
a. CD buat Dosbing (Skripsi word, pdf, olah data, jurnal)
b. CD buat Perpus FEM (Skripsi, Abstrak, Jurnal (Word dan PDF ya formatnya))
c. CD buat LSI (Skripsi PDF, Skripsi word dipisah-pisah (Cover, Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 4, Bab 5, Lampiran, Abstrak))
d. CD buat Pak Ha…