Skip to main content

Dahlan ajak tiga mahasiswa IPB ke luar negeri.

Selasa, 17 April 2012 23:40 WIB | 2672 Views

Menteri BUMN Dahlan Iskan (FOTO ANTARA)
Bogor (ANTARA News) - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengajak tiga orang mahasiswa IPB keluar negeri atas keberhasilan mereka menciptakan produk pangan alternatif mirip beras yang diberi nama "beras analog".

"Bapak Rektor saya minta izin, tiga orang mahasiswa ini akan saya berikan hadiah karena sudah menciptakan beras analog ini, kami kirim ketiganya ke luar negeri," kata Dahlan dalam kuliah umum memperingati 60 tahun Pendidikan Pertanian Indonesia di Gedung Graha Widya Wisuda IPB Dramga Bogor, Selasa malam.

Dahlan mengaku kagum dengan kemampuan IPB menciptakan beras analog tersebut. Ia pun akan mencoba memasak beras analog pemberian mahasiswa tersebut besok pagi.

"Saya akan coba masak besok pagi, akan saya rasakan dan lihat apakah ini sudah menyerupai beras atau belum," katanya.

Pemberian hadiah tersebut berawal dari saat dilakukan sesi tanya jawab antara mahasiswa dengan Dahlan Iskan.

Sesaat setelah menyampaikan kuliah umumnya, Dahlan membuka sesi diskusi kepada mahasiswa yang ingin bertanya. Awalnya Dahlan hanya memberikan kesempatan bagi lima mahasiswa, tapi antusias mahasiswa yang ingin bertanya cukup banyak sehingga lebih dari 10 mahasiswa maju ke panggung.

Secara bergiliran mahasiswa menyampaikan pertanyaannya, dan Dahlan menjawab setiap pertanyan dari mahasiswa tersebut.

Salah satu mahasiswa yang bertanya Annisa Karunia menyampaikan temuan baru beras analog yang dilakukan dirinya dan tim.

Dalam kesempatan tersebut, Annisa memaparkan temuan beras analog yang baru-baru ini dipublikasikan kemedia.

Annisa mendapat delegasi dari Direktur F Tecnopark Fakultas Teknologi Pertanian IPB untuk menyampaikan temuan tersebut.

"Dengan temuan ini menurut Pak Mentari apalagi yang harus kami lakukan. Kami sudah menciptakan produk pangan alternatif ini, bagaimana caranya agar produk ini dapat dioptimalkan," tanyanya kepada Dahlan.

Menerima pemaparan mahasiswi IPB tersebut Dahlan langsung terkesan, ia menanyakan mahasiswa tersebut semester berapa, sekolah dimana sebelumnya, sudah tamat atau belum.

Sebelum memberikan jawabannya, seribu lebih mahasiswa yang ada di dalam gedung meneriaki mobil sebagai janji mantan Dirut PLN tersebut bagi mahasiswa yang mampu menciptakan teknologi pangan baru.

"Yah pak Rektor, saya minta izinnya, tiga mahasiswa ini akan dikirim ke luar negeri," kata Dahlan yang disambut riuh tepuk tangan ribuan mahasiswa.

Selain mengajak tiga mahasiswa IPB ke luar negeri. Dahlan juga menjanjikan sebuah mobil bagi mahasiswa IPB baik perorangan maupun kelompok yang dapat menciptakan pabrik rumput laut yang efisien dan berteknologi tinggi.

Ia mengatakan, saat ini dirinya berencan akan membangun pabrik pengolahan rumput laut terbesar di Bulu Kumba.

"Jika ada yang bisa merancang pendirian pabrik yang efisien dan berteknologi tinggi dalam mengelola rumput laut di Bulu Kumba, saya akan hadiahi mobil," katanya.

Kehadiran Dahlan dalam kuliah umum memperingati 60 tahun peletakan batu pertama pembangunan gedung IPB Barangsiang seperti magnet yang mampu menarik 3.000 lebih mahasiswa.

Gedung Graha Widia Wisuda IPB Dramaga dipadati mahasiswa yang ingin menyaksikan secara langsung ceramah sang tokoh fenomenal.
(Antaranews.com)

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Persalinan di RS Ananda Purwokerto

Assalamualaikum calon bunda sholihah.. Masih edisi persalinan, kesempatan kali ini bundanya Kaizan mau nulis review pengalaman persalinan di RS Ananda Purwokerto.
Sedikit ulasan dari saya untuk calon bunda sholihah di daerah Purbalingga, Purwokerto dan sekitarnya. Pertama, dimulai dari alasan pemilihan.. Kira-kira hal apa saja yang saya perhatikan saat memilih tempat untuk bersalin? Jawabannya adalah Kenyamanan. Kata nyaman disini mencakup beberapa faktor yang mempengaruhi mulai dari dokter, tenaga kesehatan, fasilitas.
Saya sendiri menempatkan prioritas pertama kenyamanan pada dokter. Sebelum saya memutuskan untuk berpindah rumah sakit, saya ditangani obsygn laki-laki di rs sebelumnya, dan saya merasa kurang nyaman. Akhirnya saya memutuskan pindah ke RS. Ananda Purwokerto saat usia kandungan saya 33weeks. Saya memilih obsygn Dr. Setya Dian Kartika, Spog atas rekomendasi kakak sepupu dan adik ipar saya. Sampai melahirkan kemarin, rasanya lega dan nyaman sekali konsultasi dengan Dr. Ik…

Assalamualaikum Kaizan ❤

Assalamualaikum Kaizan Anak Bunda ☺
- Ruang Bersalin RS Ananda Purwokerto, 02.53 Jum'at, 28 Oktober 2016 -
Penantian selama 38 minggu 3 hari atau 9 bulan 17 hari berahir sudah, selamat datang di dunia anak bunda & ayah, Kaizan Aghna Al Arkhan.
Tulisan kali ini khusus bunda persembahkan untuk putraku Kaizan, mungkin suatu hari nanti Kaizan ingin tau bagaimana proses Kaizan lahir di dunia ini. Umumnya untuk calon-calon bunda muda semoga dapat bermanfaat.
Tanda-tanda cinta menyapa ayah dan bundanya muncul Kamis dini hari, keluar setetes darah. Menurut orang jawa jaman dahulu proses kelahiran Kaizan disebut "Ngangkat Kidang" yang mana menurut orang jaman dulu prosesnya akan memakan waktu yang relatif lama sampai berhari hari dan merasakan sakit yang hmmm "gurih" katanya. Tapi alhamdulillah semua itu hanya berdasarkan subyektivitas pengalaman pribadi beberapa orang jaman dulu saja. Alhamdulillah proses lahiran yang saya alami memakan waktu mulai 21.30-02.53 d…

Menuju TOGA!!!

Sowreee Blogger 🕓
Sambil nonton Drama Korea The Heirs di RCTI, aku sambil cerita yaaa.. Mumpung lagi iklan nih..
Cerita kali ini masih tentang perjuangan menuju Toga.. 🎓🎓🎓
Postingan aku sebelumnya udah ngebahas tentang abis sidang mau ngapain.. Kali ini asumsi nya adalah QC udah selesai dan Jurnal sudah tersubmit.. Selanjutnyaaa...
Menuju TOGA!!!

Saran aku adalah: Lengkapi semua berkas dulu biar ga bolak balik dan bisa seharian beres. Oia, aku tambahin rincian dana ya. Harus banget nyisihin uang buat keperluan ini sampe printilannya.

Overall yang harus disiapin buat SKL dan WISUDA
- Form distribusi (departemen)
- Skripsi 5 rangkap, lembar pengesahan 8 rangkap (5 lembar buat dijilid, 3 lembar buat persyaratan)
- CD
a. CD buat Dosbing (Skripsi word, pdf, olah data, jurnal)
b. CD buat Perpus FEM (Skripsi, Abstrak, Jurnal (Word dan PDF ya formatnya))
c. CD buat LSI (Skripsi PDF, Skripsi word dipisah-pisah (Cover, Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 4, Bab 5, Lampiran, Abstrak))
d. CD buat Pak Ha…