Skip to main content

BAB 1



Pendahuluan

A. Pengertian judul dan tema


Dalam karya tulis ini penulis mengangkat tema kebudayaan di jepara. Kebudayaan adalah hasil kegiatan dan penciptaan bathin (akal budi) manusia atau adat istiadat. Dapat juga disebut dengan kesenian.

Sedangkan judul karya tulis ilmiah ini adalah “pembangunan museum ukir jepara sebagai media pengenalan,perkembangan dan pelestarian ukir jepara”.

Menurut kamus besar bahasa indonesia, Museum adalah tempat penyimpanan benda_benda bersejarah. Sedangkan media adalah sarana atau penghubung. Jadi pengertian dari judul karya tulis ilmiah ini dapat diartikan sebagai wacana pembangunan tempat penyimpanan benda-benda bersejarah, barang ukiran jepara yang difungsikan sebagai sarana untuk mengenalkan ukir jepara kepada masyarakat, khususnya generasi muda yang telah banyak mengabaikan sejarah dan juga pelestarian ukir di daerah jepara.



B.Latar belakang


Kabupaten jepara merupakan daerah dimana banyak terdapat hasil karya ukir. Sekaligus banyak pula masyarakat yang kini menjadi sejahtera, bahkan menjadi seorang pengusaha meubel kayu karnanya. Kebanyakan produk mereka menggunakan motif ukir jepara sebagai hiasan pada hasil olahan kayu yang mereka buat, agar terlihat lebih menarik. Pada kenyataannya, dewasa ini banyak produk meubel tersebut tidak hanya menarik perhatian masyarakat dalam negeri, namun juga merambah para investor manca negara. Hal ini menunjukan bahwa minat manusia terhadap produk bermotif ukir jepara sangatlah tinggi.


Berbanding terbalik dengan hal itu, umumnya minat masyarakat jepara terhadap ukir jepara justru semakin lama,semakin rendah. Melihat kurangya pengetahuan masyarakat khususnya generasi muda tentang ukir jepara. Keadaan tersebut sangat memprihatikan. Karena dengan tidak adanya minat dari kalangan generasi muda, mustahil pengembangan dan pelestarian ukir jepara akan berjalan baik. Oleh karena itu, pemerintah kabupaten harus peka tehadap hal ini. Sehingga pengenalan,pengembangan dan pelestarian ukir jepara sngat diperlukan. Agar karya seni asli kabupaten jepara tersbut tidak semakin punah dan dapat dipatenken. seiring dengan gencarnya pengakuan kebudayaan dan hasil karya indonesia oleh malaysia.


Untuk meralesasikan hal itu, maka wacana pemerintah kabupaten jepara untuk membangun museum ukir jepara tentunya menjadi suatu hal yang harus segera dilaksanakan dan mendapat partisipasi dari masyarakat. Agar masyarakat dan juga generasi muda khususnya, tidak melupakan sejarah ukir kabupaten jepara dan diharapkan dapat mengembangkan motif ukir jepara menjadi motif yang tidak hanya diminati oleh masyarakat jepara saja. Namun juga masyarakat didaerah lain, bahkan sampai luar negeri.





C.Gagasan


Untuk mengenalkan, mengembangkan dan melestarikan produk ukir jepara. Penulis mendukung wacana pemerintah kabupaten jepara untuk segera membangu mueum ukir jepara. Diharapkan pembangunan ukir jepara ini mendapat dukungan penuh dari masyarakat. Utamanya sebagian besar dari mereka yang hidup dari hasil penjualan produk ukir jepara. Tentunya hal ini sangat diharapkan karna melaui pembangunan museum ukir jepara inimerupakan cara efektif untuk lebih mengenalkan produk ukiran jepara kepada khususnya generasi muda diwilayah jepara,masyarakat dan tentunya para wisatawan asing yang berkunjung ke jepara.

Dengan karya tulis ilmiah ini, penulis berusha memberikan informasi kepada pemerintah kabupaten jepara mengenai minat dan pengetahuan masyarakat jepara terhadap ukir jepara. Sehingga pemerintah kabupaten dapat segera membangun museum ukir jepara. Dan juga tentunya bentuk apresiasi dari masyarakat kepada pemerintah terhadap rencana pembangunan museum ukir jepara.



D.Rumusan masalah


Adapun permasalahan yang berusaha dipecahkan dalam karya tulis ilmiah ini adalah sebagai berikut:

  1. Seberapa dalam pengetahuan masyarakat jepara tentang sejarah ukir jepara?

  2. Bagaimana respon dan minat masyarakat jepara terhadap pembangunan museum ukir jepara?

  3. Apakah pembanguna museum ukir jepara merupakan cara efektif untuk media pengenalan,pengembangan dan pelestarian bagi masyarakat di jepara?



E.Tujuan penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah:


1. Mengetahui sedalam apakah pengetahuan masyarakat jepara tentang sejarah dan produk ukir jepara?

  1. Mengetahui bagaimana respon dan minat masyarakat jepara terhadap pembangunan miseum ukir jepara?

  2. Mengetahui apakah pembangunan museum ukir jepara merupakan cara efektif untuk media pengenalan, pengembanagan dan pelestarian produk ukir jepara.



F.Manfaat penelitian



Manfaat yang bisa diperoleh dari penelitian ini adalah untuk memberitahukan kepada pemerintah jepara , seberapa dalam pengetahuan masyarakat jepara mengenai sejarah dan ukiran jepara, mengetahui respon dan minat mereka terhadap pembangunan museum ukir jepara dan memaparkan apakah pembangunan museum ukir jepara merupakan cara efektif untuk media pengenalan,pengembangan dan pelestarian ukir bagi masyarakat jepara. Sehingga bisa nenjadi masukan bagi pemerinta untuk mengambil kebijakan dan segera merealisasikan wacana pembanguna museum ukir jepara di kota jepara.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Persalinan di RS Ananda Purwokerto

Assalamualaikum calon bunda sholihah.. Masih edisi persalinan, kesempatan kali ini bundanya Kaizan mau nulis review pengalaman persalinan di RS Ananda Purwokerto.
Sedikit ulasan dari saya untuk calon bunda sholihah di daerah Purbalingga, Purwokerto dan sekitarnya. Pertama, dimulai dari alasan pemilihan.. Kira-kira hal apa saja yang saya perhatikan saat memilih tempat untuk bersalin? Jawabannya adalah Kenyamanan. Kata nyaman disini mencakup beberapa faktor yang mempengaruhi mulai dari dokter, tenaga kesehatan, fasilitas.
Saya sendiri menempatkan prioritas pertama kenyamanan pada dokter. Sebelum saya memutuskan untuk berpindah rumah sakit, saya ditangani obsygn laki-laki di rs sebelumnya, dan saya merasa kurang nyaman. Akhirnya saya memutuskan pindah ke RS. Ananda Purwokerto saat usia kandungan saya 33weeks. Saya memilih obsygn Dr. Setya Dian Kartika, Spog atas rekomendasi kakak sepupu dan adik ipar saya. Sampai melahirkan kemarin, rasanya lega dan nyaman sekali konsultasi dengan Dr. Ik…

Assalamualaikum Kaizan ❤

Assalamualaikum Kaizan Anak Bunda ☺
- Ruang Bersalin RS Ananda Purwokerto, 02.53 Jum'at, 28 Oktober 2016 -
Penantian selama 38 minggu 3 hari atau 9 bulan 17 hari berahir sudah, selamat datang di dunia anak bunda & ayah, Kaizan Aghna Al Arkhan.
Tulisan kali ini khusus bunda persembahkan untuk putraku Kaizan, mungkin suatu hari nanti Kaizan ingin tau bagaimana proses Kaizan lahir di dunia ini. Umumnya untuk calon-calon bunda muda semoga dapat bermanfaat.
Tanda-tanda cinta menyapa ayah dan bundanya muncul Kamis dini hari, keluar setetes darah. Menurut orang jawa jaman dahulu proses kelahiran Kaizan disebut "Ngangkat Kidang" yang mana menurut orang jaman dulu prosesnya akan memakan waktu yang relatif lama sampai berhari hari dan merasakan sakit yang hmmm "gurih" katanya. Tapi alhamdulillah semua itu hanya berdasarkan subyektivitas pengalaman pribadi beberapa orang jaman dulu saja. Alhamdulillah proses lahiran yang saya alami memakan waktu mulai 21.30-02.53 d…

Menuju TOGA!!!

Sowreee Blogger 🕓
Sambil nonton Drama Korea The Heirs di RCTI, aku sambil cerita yaaa.. Mumpung lagi iklan nih..
Cerita kali ini masih tentang perjuangan menuju Toga.. 🎓🎓🎓
Postingan aku sebelumnya udah ngebahas tentang abis sidang mau ngapain.. Kali ini asumsi nya adalah QC udah selesai dan Jurnal sudah tersubmit.. Selanjutnyaaa...
Menuju TOGA!!!

Saran aku adalah: Lengkapi semua berkas dulu biar ga bolak balik dan bisa seharian beres. Oia, aku tambahin rincian dana ya. Harus banget nyisihin uang buat keperluan ini sampe printilannya.

Overall yang harus disiapin buat SKL dan WISUDA
- Form distribusi (departemen)
- Skripsi 5 rangkap, lembar pengesahan 8 rangkap (5 lembar buat dijilid, 3 lembar buat persyaratan)
- CD
a. CD buat Dosbing (Skripsi word, pdf, olah data, jurnal)
b. CD buat Perpus FEM (Skripsi, Abstrak, Jurnal (Word dan PDF ya formatnya))
c. CD buat LSI (Skripsi PDF, Skripsi word dipisah-pisah (Cover, Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 4, Bab 5, Lampiran, Abstrak))
d. CD buat Pak Ha…