Adab Menuntut Ilmu Matrikulasi Batch #5 NHW #1

Mengawali perkuliahan di Institut Ibu Profesional (IIP) saya menata kembali niat untuk menuntut ilmu serta niat dalam mengamalkannya di Universitas Kehidupan yang saya jalani saat ini sampai akhir hayat nanti.

Selaras dengan kembalinya saya dalam menata niat saya saat itu, Ibu Septi bersama tim Matrikulasi mengajak saya untuk membekali diri dengan Adab Menuntut Ilmu sebelum mengawali perkuliahan. Sungguh tamparan sekaligus cambuk bagi diri saya saat mencoba meresapi adab-adab dalam menuntut ilmu. Setelah mengikuti perkuliahan, diskusi bersama, selanjutnya kami dibekali dengan sebuah tugas sebagai perenungan diri memantapkan perencanaan mencapai tujuan, merancang strategi serta aktualisasi dalam proses tersebut.

Rasanya saya kembali memflash back ilmu yang saya pelajari dahulu saat dibangku kuliah yang belum sepenuhnya saya amalkan dalam kehidupan saya, yaitu ilmu dasar Manajemen tentang Planning, Organizing, Controlling dan Actuating. Saat ini mungkin adalah saat yang tepat untuk kembali menata diri menjadi lebih baik dengan mengamalkan ilmu yang dulu saya pelajari tentunya dengan bekal adab menuntut ilmu yang saat ini saya pelajari.

Nice Home Work #1 Matrikulasi Batch #5 dalam Materi Adab Menuntut Ilmu:

1. Jurusan ilmu yang saya ingin pelajari dan saya ingin tekuni di Universitas Kehidupan adalah Ilmu Keluarga. Menyadari bahwa bekal saya saat mengawali mahligai rumah tangga sangatlah jauh dari kata cukup untuk membekali diri saya menapaki satu demi satu tangga menuju impian rumah tangga sakinah mawaddah warohmah, serta keluarga yang bersama sama menuju syurga Allah kelak.

2. Alasan terkuat saya ingin menekuni ilmu keluarga, saya berazzam menjalankan peran saya sebagai seorang istri, ibu, anak, menantu, saudara kandung, saudara ipar dalam keluarga besar saya dengan baik dan diridhoi Allah. Serta saya berazzam menjadi lebih baik dalam membina keluarga yang senantiasa mencari ridho Allah, mendapatkan keberkahan dan kelak bersama sama bahagia dalam syurga Allah.

3. Menyadari keluarga adalah salah satu gerbang terbentuknya generasi penerus, strategi dalam menuntut ilmunya pun harus terus dipelajari dan diamalkan. Adapun strateginya menuntut ilmu keluarga antara lain:
         - Membekali diri dengan adab menuntut ilmu
         - Mengikuti perkuliahan menjadi Ibu Profesional dengan baik dan bersungguh sungguh
         - Mencari sumber ilmu yang baik, mencatat dan mengamalkannya
         - Menjalin kerjasama dengan pasangan dalam upaya menuntut ilmu dan mengamalkannya bersama
         - Mengorganisasikan alat penunjang seperti buku, paket data dan memanfaatkannya dengan baik
         - Mengevaluasi secara berkala strategi

4. Perubahan sikap yang saya perbaiki dalam proses menuntut ilmu yang pertama ikhlas dan membersihkan jiwa saat saya menuntut ilmu, menanamkan semangat dalam menuntut ilmu, menghindari sikap "merasa sudah tau" saat ilmu disampaikan, istiqomah dalam mengulang kembali, mencatat, mendokumentasikan dengan rapi ilmu yang sedang saya pelajari, manajemen waktu dalam kehidupan sehari-hari dengan menjaga amalan hubungan vertikal dan horizontal, mengkaji dan mengevaluasi hasil belajar, persisten dan tidak mudah menyerah. Bismillahi Tawakkaltu alALLah

Tabalong, [Kamis] 25 Januari 2017

Matrikulasi Batch #5, NHW #1,
#Batch5_IIPKalSel_100%Lulus

Hana Novita Maryam

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Persalinan di RS Ananda Purwokerto

Family Trip to Lombok "Pengalaman Trip Bersama Toddler"

Review Hotel Sendok Senggigi Lombok