Skip to main content

Tips Berpergian Bersama Bayi Tiga Bulan (Kaizan's First Trip)

Kaizan's first trip πŸš†✈πŸš™
Assalamualaikum bunda sholihah, apa kabar para baby-baby penyejuk hati? Hihi
Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang pengalaman pertama Kaizan berpergian jarak jauh. Rabu, 18 Januari lalu Kaizan (2 bulan 20hari) bersama bunda, mbah ung, dan mbah uti menyusul Ayah Kaizan ke Tabalong Kalimantan Selatan. Perjalanan dimulai dari Purbalingga - Purwokerto - Jogjakarta - Banjarmasin - Tabalong. Total waktu tempuh ditambah delay pesawat sekitar 18 jam.
- Pukul 04.00 Kaizan mandi air hangat.
- Pukul 04.30 perjalanan Purbalingga-Purwokerto menggunakan mobil.
- Pukul 05.30 Kereta Purwokerto-Lempuyangan (Jogjakarta)
- Pukul 11.00 perjalanan ke bandara menggunakan mobil
- Pukul 11.30 seharusnya dijadwalkan penerbangan ke Banjarmasin, namun ternyata delay πŸ’” , 14.30 akhirnya boarding.. Lega banget rasanya πŸ˜‚. Harap-harap cemas waktu nunggu boarding, karena pas check in petugasnya bilang "sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan" 😩
- Landing pukul 16.40 Wita. Lanjut perjalanan darat ke Tabalong pakai mobil sekitar 6 jam.
Alhamdulillah, Kaizan anak sholih anteng sepanjang perjalanan. Sedikit gelisah waktu perjalanan mobil ke Tabalong, karena banyak guncangan, jadi tidurnya sedikit terganggu, dan memang sudah lelah sepertinya. Saya yang udah tua aja lelah lunglai rasanya, gimana bayi πŸ˜‚
Semua lelah terbayar waktu sampai rumah, ganti popok, pijit-pijit sebentar, ganti baju. Kaizan langsung bobo nyenyak sama ayahnya.. (Saking capenya kali ya) πŸ˜‚
Sedikit tips dari bunda kaizan untuk bun-bun solihah mempersiapkan perjalanan si kecil berdasarkan pengalaman diatas:
Rencanakan dengan matang pakai rumus 3W+1H 😁
1. What? Apa yang kita bawa? Karena ini merupakan perjalanan kembali ke kota rantau, jadilah barang bawaan Kaizan dan bunda super banyak. Total hampir 50 kg masuk bagasi. Tiga koper besar dan stroller (dilipet rapi). Masuk kabin tas makanan, kasur lipat, dan tas perlengkapan kaizan selama perjalanan. Bunda sengaja membawa kasur lipat untuk kaizan bobo di kereta dan mobil agar badannya ga cape digendong terus.. Alhamdulillah it's work. Kaizan bobo lelap di kasur pas di kereta, waktu di mobil karena banyak guncangan, kaizan sering kebangun, tapi alhamdulillah ga rewel.. Tas perlengkapan kaizan berisi (pospak, baju ganti 2, kaos dalem 2, kaos kaki 1, minyak telon, tissue basah, cologne, baju ganti bunda, dompet, makanan kecil, sari kurma, kurma, minyak kayu putih). Oia, Kaizan pake baju sleepsuit yang kancingnya sampai bawah, jadi pas ganti pospak tinggal buka tutup kancing, pake kaos kaki dan topi, waktu di kereta dan mobil kaizan pake selimut hangat. Bunda pakai baju atasan berkancing, celana, apron berkantong (untuk naroh minyak telon dan minyak kayu putih), kerudung bergo, flat shoes..
Jadi pastikan semua barang terkoordinir dengan baik, barang yang penting dekatkan dari jangkauan kita, jangan bawa barang terlalu banyak ya bundaa, apalagi jika berdua saja dengan si kecil.. Alternatifnya barang bisa dipaket terlebih dahulu sebelumnya 
2. When? Rencanakan kapan perjalanan akan dilaksanakan, pilih waktu perjalanan yang paling pas. Ayah kaizan ngepasin malam hari sampai di tabalong, karena kalo siang panas banget disana, jadilah milih perjalanan  darat sore - malam dari Banjarmasin ke Tabalong. Pilih hari selain hari libur nasional atau weekend, karena dapat dipastikan akan menambah jam perjalanan kita
3. Who? Ini juga pertanyaan paling penting. Jangan pergi berdua aja sama bayi kalo memang jarak jauh. Minimal ada satu orang yang menemani. Jadi kita bisa gantian kalo ingin shalat, ke toilet, dan gendong. Atau minimal diantar dan dijemput. Ketika di pesawat sendiri insyaAllah mampu, jika hanya 1-2jam perjalanan. Alhamdulillah saya ditemani mbah ung dan mbah uti nya kaizan. Mbah ung menghandle barang bawaan dan ticketing. Mbah uti membantu gantian gendong dan bawa tas perlengkapan kaizan.
4. How? Ini juga salah satu hal penting yang perlu dijawab sebelum berpergian. Gimana mekanisme dan alur berpergian harus direncanakan dengan baik. Tips bagaimana nyaman di mobil, kereta dan pesawat yang bunda dan kaizan lakukan:
- Tips naik mobil & Kereta.
1. Usahakan bunda dan si kecil duduk di tengah (jika mobil) dengan leluasa. Agar si kecil nyaman. Jika naik kereta, pesan satu seat khusus untuk si kecil istirahat dan tidur.
2. Sendawakan setiap habis nenen untuk menghindari gumoh atau muntah.
3. Segera ganti popok ketika poop atau penuh. Setiap mengganti popok lakukan pijatan ringan dan balur minyak telon.
4. Gendong si kecil di pangkuan dan pokpok paha si kecil. Bacakan shalawat, ayat ayat Al-Quran. Setelah terlelap pindahkan ke kasur lipat (kasur lipat bisa diganti dengan selimut tebal atau yang lainnya asal empuk dan nyaman untuk tidur), dan awasi si kecil selama tertidur.
5. Jika si kecil bangun, ajak bercerita. Biarkan dia tidur diatas kasur lipat sambil kita bercerita. "Sekarang kita lagi naik kereta sayang" dll
Tips naik pesawat:
1. Lakukan pemesanan tiket untuk infant. Bunda dan kaizan naik maskapai lion air untuk infant yang masih dipangku biayanya sebesar 75.000.
2. Siapkan surat keterangan sehat dari dokter spesialis anak. Surat biasanya harus up to date H-3 keberangkatan.
3. Siapkan penutup telinga jika ada, jika tidak usahakan menyusui si kecil saat take off dan landing. Kaizan sendiri bobo saat mau take off, jadi gabisa nen, cuma ditutup aja telinganya pake tisu πŸ˜‚. Waktu landing kaizan ngenyot kenceng banget, mungkin karena guncangan saat landing yang terlalu kenceng, lebih kenceng daripada waktu take off..
4. Jangan lupa sounding, "kita naik pesawat ya sayang, sehat sehat ya nak".. Dll
5. Perjalanan yang memakan waktu lama disarankan menggunakan penutup telinga dan basinet di pesawat untuk si kecil istirahat.
6. Jika pesawat delay, atau menunggu waktu boarding yang lama. Relaksasi lah di nursing room bersama si kecil, selain itu rebahkan si kecil di kasur lipat agar tubuhnya melakukan peregangan (ngulet-ngulet). Pijit pijit ringan. Usahakan mood tetap terjaga. Karena mood ibu mempengaruhi si kecil dan tentu produksi ASI.
7. Ngemil sepanjang perjalanan baik mobil, kereta, atay pesawat. Minum air mineral yang banyak 😁
8. Selalu memohon perlindungan dan berdoa sepanjang perjalanan.

Sedikit tips diatas berdasarkan pengalaman pribadi bunda dan kaizan.. Hehehe.. Kondisi perjalanan yang kita hadapi tentu ada perbedaan.
Semoga bermanfaat ya bunda curcolan diatas.. πŸ˜‚
Have a nice trip bundaa & bayik bayi kecil 😘

With ❤ Bunda Kaizan

Comments

  1. Masya Allah detil bangetttt infonya, in syaa Allah bermanfaatn ,Han. Makasih yaaa. Semoga Bunda, Kaizan dan Ayah diberikan kesehatan dan kebahagiaan selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Subhanalloh aku baru bacaa πŸ˜‚ sampe bersarang blognya.. Aamiin allahumma aamiin.. Alhamdulillah kalau bermanfaat niis 😘

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Persalinan di RS Ananda Purwokerto

Assalamualaikum calon bunda sholihah.. Masih edisi persalinan, kesempatan kali ini bundanya Kaizan mau nulis review pengalaman persalinan di RS Ananda Purwokerto.
Sedikit ulasan dari saya untuk calon bunda sholihah di daerah Purbalingga, Purwokerto dan sekitarnya. Pertama, dimulai dari alasan pemilihan.. Kira-kira hal apa saja yang saya perhatikan saat memilih tempat untuk bersalin? Jawabannya adalah Kenyamanan. Kata nyaman disini mencakup beberapa faktor yang mempengaruhi mulai dari dokter, tenaga kesehatan, fasilitas.
Saya sendiri menempatkan prioritas pertama kenyamanan pada dokter. Sebelum saya memutuskan untuk berpindah rumah sakit, saya ditangani obsygn laki-laki di rs sebelumnya, dan saya merasa kurang nyaman. Akhirnya saya memutuskan pindah ke RS. Ananda Purwokerto saat usia kandungan saya 33weeks. Saya memilih obsygn Dr. Setya Dian Kartika, Spog atas rekomendasi kakak sepupu dan adik ipar saya. Sampai melahirkan kemarin, rasanya lega dan nyaman sekali konsultasi dengan Dr. Ik…

Assalamualaikum Kaizan ❤

Assalamualaikum Kaizan Anak Bunda ☺
- Ruang Bersalin RS Ananda Purwokerto, 02.53 Jum'at, 28 Oktober 2016 -
Penantian selama 38 minggu 3 hari atau 9 bulan 17 hari berahir sudah, selamat datang di dunia anak bunda & ayah, Kaizan Aghna Al Arkhan.
Tulisan kali ini khusus bunda persembahkan untuk putraku Kaizan, mungkin suatu hari nanti Kaizan ingin tau bagaimana proses Kaizan lahir di dunia ini. Umumnya untuk calon-calon bunda muda semoga dapat bermanfaat.
Tanda-tanda cinta menyapa ayah dan bundanya muncul Kamis dini hari, keluar setetes darah. Menurut orang jawa jaman dahulu proses kelahiran Kaizan disebut "Ngangkat Kidang" yang mana menurut orang jaman dulu prosesnya akan memakan waktu yang relatif lama sampai berhari hari dan merasakan sakit yang hmmm "gurih" katanya. Tapi alhamdulillah semua itu hanya berdasarkan subyektivitas pengalaman pribadi beberapa orang jaman dulu saja. Alhamdulillah proses lahiran yang saya alami memakan waktu mulai 21.30-02.53 d…

Menuju TOGA!!!

Sowreee Blogger πŸ•“
Sambil nonton Drama Korea The Heirs di RCTI, aku sambil cerita yaaa.. Mumpung lagi iklan nih..
Cerita kali ini masih tentang perjuangan menuju Toga.. πŸŽ“πŸŽ“πŸŽ“
Postingan aku sebelumnya udah ngebahas tentang abis sidang mau ngapain.. Kali ini asumsi nya adalah QC udah selesai dan Jurnal sudah tersubmit.. Selanjutnyaaa...
Menuju TOGA!!!

Saran aku adalah: Lengkapi semua berkas dulu biar ga bolak balik dan bisa seharian beres. Oia, aku tambahin rincian dana ya. Harus banget nyisihin uang buat keperluan ini sampe printilannya.

Overall yang harus disiapin buat SKL dan WISUDA
- Form distribusi (departemen)
- Skripsi 5 rangkap, lembar pengesahan 8 rangkap (5 lembar buat dijilid, 3 lembar buat persyaratan)
- CD
a. CD buat Dosbing (Skripsi word, pdf, olah data, jurnal)
b. CD buat Perpus FEM (Skripsi, Abstrak, Jurnal (Word dan PDF ya formatnya))
c. CD buat LSI (Skripsi PDF, Skripsi word dipisah-pisah (Cover, Bab 1, Bab 2, Bab 3, Bab 4, Bab 5, Lampiran, Abstrak))
d. CD buat Pak Ha…