Mengenal Google Classroom

Mengawali program matrikulasi Institut Ibu Profesional (IIP) saya mempelajari ilmu baru dalam menggunakan tools yang membantu proses belajar bersama yaitu Google Classroom.

Hal yang mungkin terlihat sepele atau bahkan sudah lazim digunakan banyak orang, tapi hal ini merupakan hal baru bagi saya dan membuat saya bahagia, bersemangat dan tentunya excited. Karena saya senang belajar sesuatu yang baru sekaligus mempunyai pengalaman baru.

Saya mulai mendownload Google Classroom (GC) dan mempelajari sedikit demi sedikit saat saya mendapat email bahwa saya lolos mengikuti Program Matrikulasi Institut Ibu Profesional Batch ke-5 Regional Kalimantan Selatan tempo hari, dalam email diumumkan bahwa perkuliahan akan diselenggarakan melalui Google Classroom. Sebagai bekal, saya langsung mecari tahu alias kepo apa itu Google Classroom.

Sebelum mulai kelas matrikulasi ternyata fasilitator kami telah menyiapkan materi yang ditulis sendiri oleh Ibu Septi tentang Mengenal Google Classroom lengkap dengan screenshoot tutorialnya.

Menurut saya, menggunakan Google Classroom (GC) memudahkan kita berinteraksi dengan fasilitator atau guru kita, teman sekelas layaknya berada di kelas saat saya sekolah, mengumpulkan tugas dan mengattach materi, bedanya GC ini kelas virtual, atau tidak langsung bertatap muka. Kemudahan ini membuat kita terkoneksi meski kita berjauhan jarak dan waktu. Beruntungnya GC dapat diakses melalui Browser, Android atau IOS yang merupakan alat bantu yang sering sekali kita gunakan sehari hari. Syaratnya cukup mempunyai Gmail, kita sudah dapat menggunakan Google Classroom.

Cara mengoperasikan nya pun cukup mudah. Ada berbagai pilihan yang disediakan untuk kita mengupload (turn in) tugas yang diberikan. Beberapa pilihan beserta kelebihan dan kekurangannya versi saya:

1. Menulis di Google Docs yang disediakan GC
Kelebihannya: dapat menulis dan mengattach saat itu juga.
Kekurangannya: Tidak bisa disimpan sebagai draft, karena saat kita close langsung terkirim (bisa jadi file kosong yang terkirim) dan belum bisa dinilai karena belum kita turn in. Butuh applikasi Google Docs yang cukup memakan space di hp.

2. Meng attach file dari Google Drive
Kelebihan: Kita dapat mengedit kapan saja sebelum dikirim, tidak takut terupload secara tiba2. File juga tersimpan di Google Drive kita.
Kekurangan: Sejauh ini belum ada, karena paling nyaman menurut saya. Hanya saja perlu diperhatikan nama file, tempat menyimpan agar tidak terselip file lain.

3. Menggunakan Link
Kelebihan: Tinggal copy paste link tulisan kita yang ada di Blog, IG, FB saja kemudian di attach dan turn in.
Kekurangan: Mungkin untuk beberapa orang yang belum mempunyai Blog, atau Socmed jadi harus dua kali kerja, membuat akun dahulu baru mulai menulis.

Mungkin menarik kali ya, kalau saya tulis step by step langkah sekaligus screenshoot agar memudahkan pengguna pertama GC. InsyaAllah postingan selanjutnya 😂😂

Mari belajar mengoptimalkan kecanggihan teknologi masa kini untuk belajar membekali diri hingga tutup usia tak mampu membuka mata lagi.

Tabalong, 17 Januari 2018

Catatan Bunda Hana ❤

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Persalinan di RS Ananda Purwokerto

Family Trip to Lombok "Pengalaman Trip Bersama Toddler"

Review Hotel Sendok Senggigi Lombok